6 Tips Penting Saat Memilih Tempat Magang

 on Wednesday, 3 August 2016  

6 Tips Penting Saat Memilih Tempat Magang
Untuk anda yang saat ini sedang berada di bangku pendidikan SMK maupun sedang kuliah, tentunya anda akan dihadapkan dengan sebuah program magang atau yang lebih dikenal juga dengan nama internship. Internship atau magang sebenarnya bertujuan agar seseorang mendapatkan pengalaman dan juga menjalani bagaimana dunia kerja yang sebenarnya, sehingga nantinya seseorang tersebut dapat mempersiapkan dan juga mematangkan dirinya baik dalam aspek softskill maupun hardskill sehingga dapat dengan baik saat terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya.

Baca : Pendaftaran Beasiswa Kalla 2016

Durasi dari magang sendiri bermacam-macam, ada sebuah instansi yang memberikan minimal magang ialah 1 bulan dan maksimal 3 bulan, namun ada juga bahkan yang mewajibkan untuk magang minimal 6 bulan dalam suatu perusahaan tertentu. Tak hanya durasi magang yang berbeda-beda di setiap instansi, penempatan peserta magang pun juga beragam. Ada sebuah instansi (sekolah/kampus) yang langsung memberikan tempat atau langsung menempatkan siswa/mahasiswanya untuk magang disebuah perusahaan tertentu, namun ada juga yang memberikan kepada siswa/mahasiswanya untuk mencari tempat magangnya sendiri.

6 Tips Penting Saat Memilih Tempat Magang
merdeka.com

Nah, bagi anda yang masih merasa kebingungan untuk menentukan pilihan tempat magang, maka berikut ini sinestesiapers.com akan memberikan 6 tips memilih tempat magang :

1. Tujuan magang
Bagi setiap orang, tentunya memiliki pandangan yang berbeda-beda mengenai suatu hal, tak terkecuali dengan magang. Pada dasarnya ada bermacam-macam tujuan utama seseorang untuk melakukan program internship atau magang, contohnya saja untuk mendapatkan pengalaman dunia kerja yang sesungguhnya, mencari gaji saat magang ( hal ini karena tak semua perusahaan mau memberi gaji bagi karyawan magang ), ingin bekerja di perusahaan tersebut jika telah lulus nanti oleh karena itu memilih suatu perusahaan yang ditujuanya untuk magang, mencari bahan tambahan dalam penelitian skripsi dan lain sebagainya.

2. Pilih perusahaan yang memiliki nama besar
Karena magang merupakan sebuah program agar anda memiliki pengalaman mengenai dunia kerja yang sebenarnya, maka memilih tempat atau perusahaan untuk magang merupakan hal penting selanjutnya. Sebisa mungkin carilah perusahaan yang memiliki nama besar atau memiliki kredibilitas yang cukup tinggi. Hal ini karena dengan semakin besar perusahaan dimana anda magang, maka tentunya pengalaman yang bisa anda dapat tentunya lebih baik dan lebih berbobot daripada jika anda magang disebuah perusahaan yang masih baru.

Memilih tempat magang yang baik tentunya juga akan memberikan nilai tambah bagi anda karena jika anda melamar disebuah perusahaan yang anda tuju dan anda memiliki pengalaman telah magang disebuah perusahaan yang besar dan juga memiliki kredibilitas yang baik tentunya hal ini akan memberika poin lebih bagi anda sehingga kesempatan anda untuk bisa diterima di perusahaan yang anda tuju tersebut semakin besar.

3. Konsultasikan perusahaan yang anda tuju dengan kakak tingkat dan juga orang yang lebih mengetahui
Saat memilih tempat untuk magang maka konsultasilah dahulu dengan kakak tingkat anda yang sudah melakukan magang. Bertanyalah sebanyak-banyaknya mengenai referensi suatu perusahaan yang baik untuk magang, kegiatan apa saja saat magang, persiapan yang diperlukan, hingga biaya hidup selama magang.

Jangan malu untuk bertanya dengan kakak tingkat anda dan juga orang lain, oleh karena itu sangat penting bagi anda untuk menjalin relasi dengan kakak tingkat anda dan juga adik tingkat anda agar saling membantu dan memberikan informasi apapun, salah satunya seperti saat magang.

4. Persiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan
Setelah mencari informasi mengenai perusahaan yang anda tuju, maka segeralah untuk menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan dalam persyaratan untuk magang. Jangan menunda-nunda untuk mempersiapkan berkas anda, lebih cepat lebih baik, karena terkadang ada beberapa berkas yang membutuhkan waktu agar bisa digunakan.

5. Selalu berkomunikasi dengan perusahaan tujuan magang
Untuk anda, yang saat ini sedang melakukan lamaran untuk bisa magang disebuah perusahaan, maka sebisa mungkin berkomunikasilah dengan perusahaan yang anda lamar. Jangan sampai anda ketinggalan berita mengenai penerimaan dan juga penolakan lamaran magang yang anda lakukan. Selain untuk memastikan bagaimana lamaran anda, berkomunikasi dengan perusahaan yang anda tuju juga bisa membuat perusahaan yang anda tuju bahwa anda adalah calon karyawan magang yang aktif.

6. Maganglah dengan sebaik-baiknya
Saat anda sudah diterima sebagai karyawan magang disebuah perusahaan maka manfaatkanlah kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya. Bisa jadi setelah anda selesai sebagai karyawan magang anda bisa dipanggil oleh perusahaan untuk menjadi karyawan tetap karena kinerja anda yang bagus saat anda magang.

Demikianlah 6 tips penting yang perlu anda ketahui mengenai program internship, semoga bermanfaat.

6 Tips Penting Saat Memilih Tempat Magang 4.5 5 Abdul Lathif Wednesday, 3 August 2016 6 Tips Penting Saat Memilih Tempat Magang Untuk anda yang saat ini sedang berada di bangku pendidikan SMK maupun sedang kuliah, tentunya ...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
J-Theme